10 Hosting Terbaik Indonesia 2017

Daftar web hosting terbaik, murah, unlimited bandwidth, dan terpercaya di Indonesia 2017

Inilah Beberapa Cara Menghemat Bandwidth Hosting

menghemat bandwidth

Hosting Terbaik Indonesia - Bagi Anda yang bergelut di dunia online, tentu tidak asing lagi dengan istilah “bandwidth”. Bandwidth merupakan nilai konsimsi transfer data yang dihitung dalam bit perseken (BPS). Bandwidth ini juga bisa disebut sebagai kapasitas maksimum dalam suatu jalur komunikasi yang digunakan untuk mentransfer data yang dihitung dalam satuan detik. Terkait dengan bandwidth, kali ini penulis akan membocorkan rahasia cara menghemat bandwidth hosting. Anda ingin tahu caranya seperti apa? Simak informasinya berikut.

Lihat juga: Pengertian Bandwidth

Bagi Anda yang berkecimpung dalam dunia teknologi informasi khususnya interet, tentu sudah tahu apa itu bandwidth. Kapasitas bandwidth ini akan semakin berkurang sesuai denga akses yang dilakukan. Pada kenyataannya, bandwidth memiliki kapasitas yang terbatas sehingga pengguna perlu melakukan penghematan bandwidth hosting. Lantas, bagaimana cara melakukannya?

Sebelum membahas cara menghemat bandwidrh, kenali dulu funsgi bandwidth ini. Bandwidth berfungsi sebagai pengatu kapasitas pada hosting. Kapasitas bandwidth ini bisa dipengaruhi oleh pengunjung hosting. Saat pengguna internet masuk ke hosting Anda, kapasitas bandwidth Anda akan berkurang. Inilah yang menyebabkan Anda tidak bisa melakukan apa-apa saya mengunjungi hosting Anda.

Kapasitas bandwidth akan terkuras karena tiga hal ini:

TrafikSaat pengguna mengunjungi hosting Anda. Jika ada pengunjung yang datang ke hosting Anda, secara otomatis kapasitas bandwidth berkurang sesuai dengan kegiatan yang dilakukan oleh pengguna tersebut. Jika pengguna tersebut hanya sebatas melihat tampilan foto, data, atau gambar, hal ini tidak akan menguras kapasitas bandwidth. Beda halnya jika pengguna mendownload video. Kapasitas bandwidth akan terkuras sangat banyak.

Upload/Download, Melakukan upload data (semakin besar datanya semakin membutuhkan bandwidth yang besar pula), sama halnya dengan mendownload data, mengupload data juga akan mengakibatkan kapasitas bandwidth terkuras banyak.

Mailingatau juga disebut dengan pesan elektronik. Dalam hal aktifitas mengenai e-Mail juga membutuhkan bandwidth pada setiap prosesnya, mulai dari kirim pesan, terima pesan, maupun juga membaca pesan.

Banyak web hosting yang menawarkan layanan hosting dengan fitur yang berbeda-beda untuk setiap paketnya. Kadang kala penggunaan bandwidth pun dibatasi. Berbeda dengan diskspace karena diskspace hanyalah file upload FP. Selain itu, data dari MySQL pun digilingkan dalam satu ukuran. Oleh karena itu, agar kapasitas bandwidth tidak terkuras banyak, sebaiknya Anda tahu mengetahui bagaimana cara menghemat bandwidth hosting. Berikut ini adalah beberapa tips atau cara menghemat bandwidth hosting yang dapat Anda gunakan.

Menggunakan Encoding Gzip
Fitur encoding gzip ini bisa didapatkan dengan mudah secara manual. Anda hanya tinggal menambah encoding yang berbentuk gzil ke dalam header website. Bisa juga dilakukan pada file .htaccess yang dapat memperingan berat loading pada web.

Menggunakan Metode Caching
Penggunaan metode caching ini hanya bisa dilakukan oleh mereka yang sudah ahli dalam pemrograman yang bisa membuat satu file baru berbentuk isi web sehingga dapat mengoptimalkan kinerna javasript atau css. Dengan demikian, pengunjung yang sebelumnya pernah datang tidak akan menungggu loading lama. Jika Anda menggunakan Wordpress, silakan gunakan plugin WP Super Cache atau W3 Total Cache.

Menggunakan Compress CSS, Image, dan Javascript
Ada banyak situs yang menyediakan fitur sejenis yang dapat dilihat di mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo, dan sebagainya. Anda bisa meminimalkan ukuran file dan membuatnya menjadi lebih ringan untuk bisa diterapkan pada website.

Itulah tips cara menghemat bandwidth hosting. Dengan cara-cara ini, Anda tetap bisa memiliki banyak pengunjung tanpa adanya kekhawatiran pengguna tidak bisa mengaksesnya lantaran kapasitas bandwidth yang terkuras. Semoga informasi dalam artikel ini bisa membantu Anda dalam memaksimalkan fungsi website dan hosting sepotimal mungkin.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...